Minggu, 14 Maret 2010

TUGAS KEAMANAN KOMPUTER PERTEMUAN 2

1. Temukan definisi dari istilah berikut:
– plaintext, ciphertext, cryptograpgy, cryptanalysis, cryptology, encryption, decryption
– protection, security, threat, attach, spoofing, poisoning, masquerading, intruder, hacker dan cracker
Jawab:
Plaintext
Teks yang bisa dibaca oleh manusia dan dalam bentuk belum dienkripsi. Kadang kala istilah plaintext ini juga disebut cleartext.

Ciphertext
Merupakan text informasi yang telah diubah penulisannya menjadi kode rahasia, sehingga tidak ada orang yang mampu menggunakannya kecuali dia mempunyai kata kunci untuk membukanya. Metoda yang digunakan untuk mengolah suatu text agar menjadi ciphertext ini adalah dengan menggunakan algoritma Cipher.

Cryptography
Ilmu dan seni untuk menjaga agar pesan aman. Kriptografi adalah suatu cara bagaimana caranya agar pengiriman suatu pesan dapat dilakukan dengan aman. Crypto berarti secret (rahasia), sedangkan graphy berarti writing (tulisan).
Kriptografi (cryptography) adalah merupakan suatu ilmu dan seni untuk menjaga data-data atau informasi agar aman. Kriptografi berasal dari kata "Crypto" yang berarti "Secret" (rahasia) dan "Graphy" yang berarti "Writing" (tulisan). Sebuah algoritma kriptografik (Cryptographic Algorithm), disebut cipher yaitu persamaan matematik yang digunakan untuk proses "Enkripsi" dan "Dekripsi".
Metode Enkripsi ini digunakan untuk meyandikan data-data atau informasi sehingga tidak dapat dibuka atau dibaca oleh orang lain yang tidak berhak. Dengan enkripsi data akan disandikan (encrypted) dengan menggunakan sebuah kunci (key). Untuk membuka (decrypt) data tersebut dapat digunakan dua buah cara:
1. Menggunakan kunci yang sama dengan kunci yang digunakan untuk mengenkripsi (digunakan pada kasus private key cryptography).
2. Menggunakan kunci yang berbeda (digunakan pada kasus public key cryptography).

Cryptanalysis
Seni dan ilmu untuk memecahkan ciphertext tanpa bantuan kunci (Decryption). Jadi Cryptanalysis ini merupakan kebalikan dari Cryptography.
Cryptanalysis atau analisis sandi ini adalah ilmu untuk mendapatkan plaintext pesan tanpa harus mengetahu kunci secara wajar. Pemecahan sandi rahasia yang berhasil akan menghasilkan plaintext atau kunci. Analisis sandi juga dapat menemukan kelemahan dalam kriptosistem yang pada akhirya dapat menemukan kunci atau plaintext. Kehilangan kata kunci melalui peralatan noncryptanalitic disebut compromise.

Encryption
Menyandikan, mengkodekan, enkripsi. Encryption atau enkripsi merupakan proses untuk mengubah sebuah pesan (informasi) sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan kunci pembuka.

Cryptology
Ilmu pengetahuan tentang kode-kode rahasia. Merupakan cabang matematika yang mencakup cryptography dan cryptanalysis.

Decryption

Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.

Protection
Proteksi, Perlindungan.
Menjamin bahwa sumber daya yang tersedia dapat diakses oleh sistem dalam pengontrolan sistem operasi

Security
Faktor keamanan informasi dengan menggunakan teknologi. Hal tersebut disebabkan karena adanya kelemahan-kelemahan di dalam:
• kebijaksanaan jaringan suatu perusahaan (Policy Vulnerabilities),
• konfigurasi suatu sistem (Configuration Vulnerabilities)
• teknologi yang digunakan (Technology Vulnerabilities).
Kelemahan-kelemahan itu biasanya dimanfaatkan untuk menyusup ke dalam suatu jaringan komputer tanpa diketahui pengelolanya. Beberapa masalah yang bisa timbul antara lain adalah:
• Packet Sniffing,
• Identity Spoofing,
• Data Theft,
• Data Alteration.

Threat
Ancaman. Ancaman terhadap sistem meliputi:
1. kerahasiaan (secrecy),
2. integritas(integrity),
3. ketersediaan(availability).
Tipe-tipe ancaman:
- interupsi (interruption)
- intersepsi (interception)
- modifikasi (modification)
- fabrikasi (fabrication)

Attach
Membubuhkan, menyelamatkan, mencantumkan, melampirkan. Di dalam e-mail, menyisipkan lampiran.
Perintah untuk melacak dan memasukkan program ke dalam memori. Pada jaringan komputer berarti perintah untuk memasuki server dalam suatu jaringan.

Spoofing
Pemalsuan IP Address untuk menyerang sebuah server di internet, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para hacker/cracker.
Lihat juga security

Masquerade attack
Jenis serangan berupa suatu entitas system yang secara illegal bersikap sebagai entitas lain.

Hacker
Mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral.


Intruder
Penyusup. orang yang menyusup, orang yang ikut campur. Istilah ini digunakan untuk orang yang menyusup pada suatu sistem.

Cracker
Terjemahan bebas: Pembobol. Orang yang mampu menembus kode dan kode kunci (password) serta memecahkan sistem security tanpa izin atau secara tidak beretika. Istilah {cracker} telah ditemui oleh pengganggu sistem komputer untuk membedakan aktivititas penggunaan komputer yang melanggar aturan atau untuk memberikan istilah yang lebih berdasarkan aktivitasnya. Istilah ini juga membedakan {hacker} yang disebut sebagai seseorang yang mahir dalam menggunakan komputer beserta perintah-perintah dasarnya.

2. Apa dan bagaimana kerja dari Enigma?
Jawab :

Chiper adalah melakukan perubahan kode sehingga tidak dapat langsung terbaca. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi informasi atau data yang bersifat pribadi atau rahasia. Ada beberapa macam jenis chiper, diantaranya adalah enigma. Teknik ini digunakan pada jaman dahulu dengan menggunakan mesin enigma. Cara kerja mesin ini adalah dengan memutar rotor yang berfungsi untuk mengenkripsi huruf. Rotor tersebut akan berputar jika dimasukkan papan kunci. Cara kerja mesin ini dikembangkan dari ide seorang insiyur Amerika, Edward Hugh Hebern.
Kriptanalisis mesin enigma ini pertama kali dilakukan oleh pemerintah Polandia, akan tetapi kriptanalisi ini hanya dapat memecahkan versi awal dari mesin enigma yang digunakan oleh tentara Jerman. Pada akhirnya kemampuan mesin ini terus ditingkatkan dan kriptanalisi yang dilakukan tidak berhasil memecahkan kode tersebut. Meskipun tentara Jerman terus meningkatkan mesin enigma tersebut dengan menambahkan jumlah rotor menjadi 4, Bletchley Park tetap dapat memecahkan kode tersebut walaupun membutuhkan waktu yang relatif lama.
Cara kerja
Mesin enigma bekerja berdasarkan perputaran rotor – rotor yang ada. Ketika sebuah huruf diketikkan di papan panel, urutan kerjanya :
1. Majukan rotor kanan sebanyak 1 huruf. Huruf yang diketikkan masuk ke rotor paling kanan dan pada rotor ini dicari padanan pada rotor kedua. Setelah itu masuk ke rotor kedua.
2. Pada rotor kedua, huruf hasil padanan dari rotor pertama dicari padanannya untuk rotor ketiga.
3. Pada rotor ketiga, dicari padanan untuk reflector.
4. Setelah masuk ke reflector, dicari pasangan huruf tersebut pada reflector, dan hasil pada reflector dikembalikan kepada rotor ketiga, kedua, kesatu, dan hasilnya menghasilkan huruf enkripsi.

3. Buat minimal 3 teks steganography yang berisi pesan rahasia “I Love U” (untuk mahasiswa putri) dan “U Hurt Me” (untuk mahasiswa putra) !
1.Untuk pujaan hati
Hidupku ini
Untuk dirimu
Rela hati ini
Tinggalkan dirimu
Meninggalkanmu sendiri
Entah kemana ku akan pergi
2.Untuk mencari kata Himpunan dengan Union dengan bilangan Rasional tenTang Metode
Enkripsi
3.huhuikbk#%%R&*&bvbvbjU hbkjbkj*(&*(&(bkjjknkjHhghjgh&(**%&jgbhjgbhjgbhjUvhhjvhjv&*(&(*hjvjvRbhjbhjbhjbhjTgvhj()&)(vhjvhjMgvjvfjvhjE
5. Temukan website yang error untuk menangani login atau pemrosesan data input. Banyak situs web pemerintah memiliki lubang keamanan yang dibiarkan terbuka, terutama error terkait exception dan koneksi database.
1.kumpulblogger.com
2.smssaya.com
3.adsensecamp.com
4.indoppc.com
5.cashmandiri.com

Program Pascal menghitung jumlah huruf dalam kalimat :

Code program:

program menghitung_jumlah_huruf_dlm_kalimat;

uses wincrt;

var n:array[1..26] of integer;

a,jb:integer;

kata : String;

begin

writeln(‘ Tugas Keamanan Komputer ‘);

writeln(‘=================================================’);

writeln(‘= Program menghitung jumlah huruf dalam kalimat =’);

writeln(‘= Oleh: 1. Erick Widjaya (06.04.111.00802) =’);

writeln(‘= 2. Muhyiddin (06.04.111.00815) =’);

writeln(‘=================================================’);

writeln(”);

for a:=1 to 26 do n[a]:=0;

write(‘Masukkan sebuah kalimat : ‘);readln(kata);

writeln(”);

writeln(‘Jumlah tiap huruf dlm kalimat :’);

writeln(‘=============================’);

for a:=1 to length(kata) do

for b:=1 to 26 do

if ord(upcase(kata[a]))=64+j then

inc(n[b]);

for a:=1 to 13 do

writeln(chr(64+2*a-1),’ = ‘,n[2*a-1],’ ‘,chr(64+2*a),’=',n[2*a]);

writeln(‘=============================’);

end.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar